Selasa, 16 Desember 2014

Kendari - Sulawesi Tenggara

SULAWESI TENGGARA



Kota Kendari merupakan ibukota propinsi Sulawesi Tenggara. Nama Kendari sendiri mungkin belum begitu terkenal daripada nama objek wisatanya yang sudah melanglang buana. Nah, dari sini pasti anda sudah tahu keindahan tempat wisata apa saja yang tersembunyi di Kota Kendari.

Beberapa tempat wisata di Kendari bahkan sudah menyihir banyak wisatawan asing untuk datang menikmati taman bawah lautnya yang luar biasa menakjubkan. Namun, bukan hanya itu saja objek wisata yang terkenal di Kendari ataupun di Sulawesi Tenggara. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Wisata sejarah, wisata budaya dan wisata bawah laut di kota Kendari berikut wajib anda kunjungi ketika anda berlibur ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Air Terjun Moremo

Keindahan Air Terjun Moremo di Kendari 

Air terjun ini terletak di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, sekitar 60 km dari pusat Kota Kendari. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan angkutan udara ke Tanjung Peropa. Air terjun Moramo sendiri adalah jenis air terjun cascade atau bertingkat. Air jernih dan suasanya yang masih alami membuat tempat ini sangat cocok untuk anda yang mendambakan kesunyian dan ketenangan saat liburan.

Hutan Suaka Tanjung Peropa sendiri terkenal sebagai cadangan baru marmer terbesar di dunia, dan terbesar untuk Indonesia. Anda bisa memanjat ke puncak air terjun tanpa khawatir akan terjatuh karena licin. Kenapa? Karena Air Terjun Moramo mempunyai batuan kapur yang tidak licin jadi anda bisa naik ke puncak tingkat tertinggi.


Benteng Istana Buton

Benteng Istana Buton di Kendari Sulteng 

Benteng Istana Buton dinobatkan menjadi benteng terluas di dunia oleh Guiness book Of Records tahun 2006. Tidak banyak yang tahu mengenai benteng kesultanan Buton ini. Namun, kemegahan dan kondisinya masih sangat bagus. Masyarakat di sekitarnya lah yang menjaga situs ini.

Benteng Istana Buton berdiri di Kabupaten Bau Bau. Benteng ini melindungi satu kelurahan Melai yang hidup dalam lindungan benteng dari ancaman luar. Menurut masyarakat yang tinggal di sana, mereka sendiri masih keturunan orang istana Buton, karenanya, memelihara dan menjaga Benteng Buton ini wajib hukumnya.

Total ada sekirat 52 meriam yang menjaga 16 pos jaga di benteng Buton ini. Ada sekitar 12 pintu masuk untuk menuju benteng sendiri. Sungguh besar dan megah sekali. Selain itu, masyarakat Melai masih menaati adat istiadat yang dilakukan masyarakat Kesultanan Buton terdahulu. Begitu banyak kebudayaan dan upacara adat yang dijaga dan dilaksanakan dengan teliti di Melai.

Masuk ke Melai seperti masuk ke dunia yang berbeda. Uniknya, semua rumah di Melai harus dibuat panggung dengan pondasi kayu. Bila ada penduduk yang terlanjur membuat pondasi beton atau bata, maka mereka diharuskan untuk merubahnya ke rumah panggung.

Pantai Nambo

Keindahan Pantai Nambo Kendari Sulawesi Tenggara 

Pantai Nambo adalah salah satu pantai terkenal dan menjadi objek wisata favorit di Kendari. Letaknya sendiri hanya sekitar 12 kilometer dari kota Kendari. Pantai ini berair jernih dengan gradasi warna yang menarik. Dari putih di tepian pantai yang bersinggungan dengan pasir putih, ke hijau muda yang cantik di perairan dangkal, lalu disambut biru gelap di perairan yang lebih dalam.

Ombaknya beriak tenang dan semilir angin laut membuat semuanya indah. Nyiur dan pohon yang tumbuh di pinggir pantai membuat suasana semakin indah. Pantai pasir putih dengan pemandangan indah ini saat ini tengah menjadi fokus pemerintah kota Kendari untuk dijadikan objek wisata.

Taman Laut Wakatobi

Pantai Wakatobi Kendari Sulawesi Tenggara 

Satu lagi tempat wisata di Kendari yang wajib anda kunjungi adalah Taman Laut Wakatobi. Taman Laut Wakatobi ini sudah sangat terkenal di telinga penyelam dunia, baik dari Indonesia sendiri maupun penyelam asing. Semua penyelam di dunia pasti sangat memimpikan bisa berenang di dalam laut Wakatobi. Pantai pantai indah berpasir putih dengan keindahan yang terbenam dalam lautannya, telah menyihir banyak orang untuk datang. Taman laut Wakatobi konon menjadi salah satu Taman Laut terindah di dunia dengan kelengkapan koleksi Terumbu Karang dan Ikan ikan langka di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar