Senin, 15 Desember 2014

Tarakan - Kalimantan Utara

KALIMANTAN UTARA

Tarakan merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Utara dan merupakan ibu kota dari provinsi tersebut. Kota yang berada di bagian utara pulau Kalimantan ini padahal sebenarnya menyimpan berbagai potensi tempat wisata yang sangat menarik. Akan tetapi memang pemerintah daerah setempat belum mengembangkan sepenuhnya akan potensi wisata yang ada di Tarakan. Dan untuk itu, hal ini harus menjadi perhatian pemerintah setempat agar potensi tempat wisata yang ada di kota Tarakan dapat dioptimalkan demi perkembangan daerah tersebut.

Nah, berikut ini akan saya berikan uraian mengenai beberapa tempat wisata di Tarakan yang wajib anda kunjungi. Jika anda tertarik atau memang memiliki keinginan untuk datang ke daerah ini, silahkan anda simak uraian di bawah ini.

1. Pantai Amal

Senja di Pantai Amal Tarakan 
 
Untuk wisata alam di kota Tarakan, anda dapat mengunjungi Pantai Amal yang berada di Desa Pantai Amal, kecamatan Tarakan Timur. Di Pantai ini ada dua anakan pantai yaitu pantai Amal Lama dan juga pantai Amal Baru. Bagi anda yang suka mengisi liburan dengan pergi ke pantai, pantai Amal ini dapat menjadi alternatif pilihan anda dan keluarga. Suasana khas pantai, pemandangan alam yang indah, ditemani dengan pohon kelapa serta air laut yang biru akan menjadi teman anda selama anda di pantai Amal.

2. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar Tarakan 
 
Museum Rumah Bundar dapat menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang unik saat anda mengunjungi kota Tarakan. Seperti namanya Rumah Bundar, di mana atap dari bangunan museum tersebut berbentuk setengah lingkaran. Di tempat ini anda dapat melihat beberapa barang peninggalan sejarah pada jaman Jepang dan juga Belanda. Museum Rumah Bundar ini terletak di di Jalan Danau Jempang, atau berada tepat di samping Gedung DPRD.

3. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata Tarakan 
 
Untuk tempat wisata yang satu ini memang sudah banyak dikenal orang dan penduduk setempat. Salah satu tempat wisata unggulan di Tarakan ini memiliki koleksi beberapa jenis buaya yang berasal dari beberapa daerah di Kalimantan. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan didirikan sejak tahun 1991. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat mencarinya di desa Karang Harapan, Tarakan Barat. Ada 3 jenis buaya yang ditangkarkan di sini yaitu buaya supit, buaya air tawar dan juga buaya muara.

4. Wana Wisata Persemaian

Wana Wisata Persemaian Tarakan 
 
Bagi anda yang ingin datang ke tempat wisata ini, anda dapat melihat beberapa jenis tumbuhan yang berada di bawah pengelolaan Inhutani kota Tarakan. Selain tumbuhan, anda juga dapat melihat beberapa jenis binatang yang hidup bebas di tempat ini.

5. Grand Tarakan Mall

Grand Tarakan Mall Tarakan 
 
Bagi anda yang suka berbelanja atau hobi shoping, jangan lewatkan untuk mengunjungi satu pusat perbelanjaan di Kota Tarakan yaitu Grand Tarakan Mall. Mall ini menjadi satu-satunya mall terbesar yang ada di Kalimantan Utara. Di dalam Grand Tarakan Mall bisa anda jumpai banyak toko dan department store yang menyajikan barang bermacam-macam. Beberapa restoran dan hotel pastinya tersedia di tempat ini. Ada juga THM Plaza yang lokasinya tepat berada di depan Grand Tarakan Mall.

Mungkin segini dulu uraian tentang tempat wisata di Tarakan Kalimantan Utara yang bisa saya berikan. Sebenarnya masih banyak potensi tempat wisata yang ada di Kota Tarakan, seperti adanya Hutan Mangrove yang di tepat di sampingnya terdapat sebuah mall yaitu Gusher Plaza. Ada juga Museum Baloy Adat Tidung, Taman Kebun Anggrek, dan beberapa taman kota lainnya yang bisa anda kunjungi saat anda berlibur ke Tarakan. Semoga uraian singkat saya ini bisa bermanfaat bagi anda dan selamat menikmati liburan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar